Ciri Covid Pada Anak Bayi dan Pengobatan Covid Untuk Anak Bayi (Pengalaman Pribadi)

Ciri Covid Pada Anak Bayi dan Pengobatan Covid Untuk Anak Bayi. Berdasarkan Pengalaman Pribadi. Semoga Membantu Kalian
2 August 2021
Mister Babeh Chelsea.

Ciri Covid Pada Anak Bayi dan Pengobatan Covid Untuk Anak Bayi

 

Halo, Namaku Salvador seorang Bayi Laki-Laki. Pada bulan Juli 2021, aku berumur 9 Bulan. Aku adalah bayi yang mempunyai komorbid (Penyakit Bawaan). Hal itu terjadi karena ibuku mempunyai asma, sehingga penyakit itu menurun ke aku.

 

Prolog

Memisahkan kisah tersendiri dari artikel utama yang berjudul Pengalaman Memilukan Terjangkit Virus Fenomenal. Saya memutuskan untuk menceritakan kejadian hebat yang Alhamdulillah bisa anak saya lewati dengan mulus.

Sebelumnya saya menceritakan di artikel tersebut bahwa istri saya sempat sesak, namun setelah di test swab ternyata hasilnya negatif. Kemudian istri saya berobat ke dokter umum dan diberi obat sesak dan batuk. Setelah itu, istri saya sembuh dari sesak dan anak saya tiba-tiba muncul Ruam keesokan harinya.

 

Ciri Covid Pada Anak Bayi

Seperti yang kita ketahui, bahwa Covid senang sekali dengan seseorang yang mempunyai penyakit bawaan (komorbid). Untuk anak bayi yang mempunyai komorbid asma (penyakit bawaan) ada dua kemungkinan; pertama yang diserang adalah pernafasannya dan yang kedua yang diserang adalah kulitnya. Apakah bisa diserang keduanya? Menurut Dokter spesialis anak yang saya tanya, jawabannya tidak bisa. Jika yang diserang adalah kulitnya, kemungkinan lainnya anak tersebut bisa diare.

 

Dari kedua titik lemah tersebut, maka ciri covid pada anak bayi hanya ada 2 line;

  1. Jika diserang pernafasannya maka yang timbul adalah batuk pilek, lalu sulit bernafas (sesak)
  2. Jika diserang kulitnya maka yang timbul adalah RUAM, kemudian bisa saja Diare

Kami menemukan ciri covid pada anak bayi berdasarkan dengan pengalaman yang kami sudah alami sendiri. Begitupula cara menangani bayi yang terkena covid dan pengobatan covid terhadap anak bayi juga akan kami ceritakan berdasarkan pengalaman pribadi kami.

Pengalaman Pribadi

Covid Part 1

Kisah Salvador ketika terkena covid, alhamdulillah gejala yang timbul adalah RUAM bukan pernafasannya. Sebelumnya kami berfikir itu adalah gejala tampek/tampak yang merupakan penyakit umum bagi anak kecil. Tapi kami berfikir ada yang janggal, “kok Tampek ini tidak disertai oleh demam?” Anak kami begitu ceria, meski dengan bonyok ruam disekujur tubuh. Kami tidak berfikir bahwa itu adalah ciri covid pada anak bayi.

Selama Ruam itu terjadi, Kami tidak langsung membawanya ke rumah sakit. Hal tersebut karena kami berfikir anak kami hanya ruam dan tidak ada gejala lain. Tetapi, karena gejala tersebut hilang-timbul, Setelah 3 hari berlalu kami membawanya ke Rumah Sakit di daerah Beji Depok. Dokter spesialis anak di rumah sakit tersebut menyampaikan, bahwa anak kami masih dalam observasi. Jika 3 hari setelah diberikan obat ruam tersebut tidak hilang, maka anak kami harus swab untuk membuktikan dia terkena covid atau tidak.

Pengobatan Covid Pada Anak Bayi
Kami pulang dari rumah sakit dengan membawa 2 obat. Obat tersebut yaitu paracetamol (untuk demam) dan obat alergi. Kemudian, kami diminta untuk membeli obat pendamping di apotik. Obat yang kami beli di apotik yaitu bedak kaladin. Setelah sesampainya di rumah, kami langsung memberikan anak kami paracetamol dan obat alergi. Setelah itu, kami langsung membalurkan bedak tersebut, ke seluruh tubuh.

Setelah kami memberikan obat dan membalurkan bedak ke sekujur tubuh anak kami, cukup dengan sekali minum langsung hilang dan sembuh. Sampai detik itu, kami masih berfikir bahwa itu adalah tampak/tampek. Dengan tidak ada kecurigaan bahwa itu adalah ciri covid pada anak bayi.

 

Covid Part 2

Kami baru mengetahui bahwa ruam yang terjadi sebelumnya pada anak kami adalah covid, yaitu ketika istri terkena covid setelah 1 minggu anak kami sembuh. Ketika istri terkena covid, saya sebagai suami memilih untuk tetap stay di samping istri bersama anak kami. Hal tersebut saya lakukan karena anak saya masih ASI dan saya percaya betul dengan kekuatan ASI.

 

Selama istri masih dalam kondisi terpapar covid, anak saya tetap diberikan susu tanpa melalui proses pumping. Istri saya menyusui anak saya dengan menggunakan masker seharian penuh sampai tidurpun tetap menggunakan masker. Selama 9 hari gejala berlangsung pada istri saya, dihari ke 7 anak saya baru mengalami bintik-bintik kecil. Dari hal itulah kami yakin, bahwa anak kami sebelumnya terkena covid dengan gejala ruam di sekujur tubuh sampai terlihat bonyok.

Ciri Covid Pada Anak Bayi

Di sesi covid part 2 ini, anak kami tidak kami beri obat sedikitpun. Kami hanya memberinya ASI secara langsung. Seperti yang terjadi pada covid part 1, anak kami hanya bintik-bintik namun tetap happy. Hal ini yang menjadi acuan kami, "apakah anak kami harus mendapatkan penanganan lebih lanjut ataupun tidak". Alhamdulillah, anak kami kembali sehat seiring kondisi istri yang juga terus membaik.

Pengobatan Covid Untuk Anak Bayi

Peran ASI di dalam Covid

Saya adalah saksi hidup, bahwa betapa hebatnya peran ASI untuk bayi untuk counter pada kasus terpapar covid terhadap anak bayi di badai pandemi ini. Saya tidak henti-hentinya berfikir, betapa anehnya kejadian tersebut. "Bayi bisa sehat hanya cukup meminum ASI ibunya". Saya cukup tau, betapa berbahayanya covid varian ini. Covid varian ini, berani masuk ke dalam tubuh anak kecil.

Covid ini tidak ada obatnya, obatnya hanya bisa dilewati dengan imunitas tubuh sendiri. Obat yang diberikan hanya pereda gejala, bukan penghilang virus covid tersebut.

Anak kami (Salvador) adalah bukti bahwa betapa hebatnya ASI. Hal tersebut dianggap mampu membentuk imunitas terhadap anak yang masih kecil. Di dalam ilmu yang terbatas dan sifat yang awam ini, saya dan istri memutuskan untuk tetap bersama Salvador meskipun terjangkit virus ini. Kami hanya memakan menu yang bergizi seperti sayur dan buah dalam proses penyembuhan.

Istri yang begitu gigih, meski dengan gejala yang sangat bervariasi termasuk kehilangan indra perasa tetap memakan menu yang bagus untuk si kecil. Hal itu bertujuan dengan tekad untuk menyelamatkan anak kami.

Saya sebagai suami sangat percaya dengan prinsip “ibu sakit, anak sakit dan sebaliknya, ibu sehat, anak sehat”. Saya terus mendorong istri dengan prinsip tersebut, sampai akhirnya kami menemukan bahwa ASI itu adalah mujizat bagi si bayi. Syarat dari saya terhadap prinsip tersebut yaitu, "apa yang ibu makan, bayi akan merasakannya melalui ASI". Oleh karena itu, saya terus mendorong istri agar mengonsumsi makanan dan minuman yang baik.

 

Semoga pengalaman ini bisa menjadi hal yang sangat membantu kalian di masa pandemi. Tetap sehat dan semangat terus.

Mister Babeh Chelsea
mister babeh chelsea
Mister Babeh Chelsea adalah seorang Penulis, Videografer, Peneliti Muda, Sarjana Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Pemikir yang Ideal serta Realistik

2 comments on “Ciri Covid Pada Anak Bayi dan Pengobatan Covid Untuk Anak Bayi (Pengalaman Pribadi)”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright @ 2021 Misterbabehchelsea.com All right reserved
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram