Patungan License : Bisnis Kotor atau Bisnis Bersih?

Patungan License : Bisnis Kotor atau Bisnis Bersih? mari simak berikut arti Patungan dan Bagaiamana cara memilih admin patungan yang baik dan benar.
5 July 2021
Mister Babeh Chelsea.
Patungan License adalah cara beberapa orang untuk mengakali pembelian license agar mendapatkan harga yang murah dan bisa di install dibanyak tempat.

Apakah Patungan?

Patungan adalah istilah yang biasa digunakan masyarakat Indonesia untuk mengumpulkan uang demi membelikan sesuatu. Bahasa lain dari Patungan yaitu urunan. Patungan biasa dilakukan ketika beberapa orang ingin mendapatkan harga yang lebih murah untuk suatu barang yang bisa digunakan untuk orang banyak. Sesuatu yang biasa digunakan dalam patungan yaitu Makanan, Minuman, Tanah, dan masih banyak lainnya. Namun di era yang semakin maju, Orang-orang biasa menggunakan budaya patungan ini, untuk membeli license

Apakah maksud Patungan License?

Patungan License adalah patungan untuk membeli suatu license pada suatu developer. Beberapa tahun belakangan orang-orang biasa melakukan patungan membeli licese untuk Produk Microsoft Office. Mereka membeli license untuk Unlimited Install dengan cara patungan. Katakan saja harga License untuk Unlimited Install seharga 100 Dollar, Jika ada 20 peserta patungan maka satu orang hanya membayar 5 Dollar untuk License Microsoft Asli. Murah bukan? Pastinya. Namun belakangan ingin budaya patungan ini berkembang menjadi Bisnis untuk membeli license-license keperluan pembuatan website. Hal ini disebabkan karena dunia mulai bergeser kearah digital, sehingga hampir seluruh lapisan masyarakat membuat website untuk keperluannya masing-masing.
 

Bisnis Patungan : Bisnis Kotor atau Bisnis Bersih?

Bisnis patungan adalah salah satu bisnis yang sedang naik daun, mengapa? Karena banyak sekali orang yang ingin mendapatkan license secara murah. Berawal dari banyak peminat netizen yang ingin mendapatkan license murah, beberapa orang membentuk group di aplikasi chat dan menggelar lapak untuk patungan.
Untuk menjalankan suatu kegiatan patungan, Admin group biasanya membatasi peserta dengan minimal peserta 10-40 peserta patungan pada satu produk patungan. Setelah peserta terkumpul, kemudian mereka diminta untuk segera membayar ke admin dan produk akan dikirimkan ke email masing-masing.
 

Lalu darimana keuntungan bisnis patungan?

Keuntungan yang didapat dari bisnis patungan yaitu dari besarnya rate nilai tukar rupiah ke dollar. Katakan saja produk yang dibeli seharga 100 Dollar. Admin akan menggelar patungan dengan harga 14.500 (Rate Dollar Juli 2021) sedangkan admin sudah mempunyai dollar di akun paypal dari hasil membeli kepada pedagang paypal dengan rate 11000 – 13000 Rupiah. Jika admin berhasil membeli dengan rate 11000 saja, dikalikan 100 Peserta maka sudah mendapatkan keuntungan sebesar 350.000. Hanya saja dalam praktek patungan ini admin ada yang jujur ada yang tidak jujur.
 

Admin Jujur dan Tidak Jujur

Beberapa admin patungan memang ada yang jujur dalam menjalankan patungan, tapi beberapa lagi sama sekali tidak jujur. Praktik ini terungkap dari gagalnya pembelian 3 item license yang digelar salah satu admin di salah satu group Aplikasi Chat. Hal ini membuat beberapa tangan kanan admin tersebut buka suara.
 
Untuk admin yang jujur memang membelikan license secara resmi, setidaknya keuntungan admin tersebut yaitu dengan mendapatkan license tersebut secara gratisan atau paling tidak mendapatkan license tidak terlalu mengeluarkan uang dalam jumlah banyak.
 
Berbeda dengan admin yang kurang jujur. Admin tersebut akan membelikan barang resmi pada suatu marketplace atau dengan orang yang memperjual-belikan license secara pribadi. Jadi admin ini tidak membelikan hasil uang patungan kepada developernya langsung.
 
Contohnya Admin group A membuka patungan untuk peserta 1-10, kemudian admin group B (admin yang kurang jujur) akan membuka patungan dan licensenya akan dibeli kepada ‘si nomor 9’ dan membagikan kepada peserta patungannya. Belum lagi ketika ada batch baru (Gelombang 2 dan Gelombang 3) tinggal memberikan license yang telah dibelikan untuk Gelombang 1. Hal ini sungguh sangat disayangkan, karena tindakan seperti ini dapat menyebabkan licensenya di banned oleh developer.

 

Bagaimana cara mencari admin group yang jujur dan tidak dalam Patungan?

Caranya mudah, beberapa admin yang jujur akan memberikan screenshot proses pembelian secara langsung di suatu group/form yang telah di design untuk keperluan konfirmasi. Biasanya admin yang tidak melampirkan hal tersebut, dapat dicurigai sebagai admin yang tidak jujur.

Dari penuturan saya di atas, itu semua berasal dari keresahan saya tentang admin-admin bandel yang belum menyelesaikan patungannya. Oleh karena itu, berhati-hatilah dalam memilih admin.

 
Mister Babeh Chelsea
Mister Babeh Chelsea
Mister Babeh Chelsea adalah seorang Penulis, Videografer, Peneliti Muda, Sarjana Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Pemikir yang Ideal serta Realistik

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright @ 2021 Misterbabehchelsea.com All right reserved
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram